Yakin PayPal Aman Untuk Pembayaran?

paypal

PayPal adalah salah satu cara paling populer untuk mengirim dan menerima uang secara online. Tapi seberapa amankah PayPal? Sebagian besar mengatakan, sangat aman untuk menggunakan layanan ini, tapi itu semua tergantung pada kepentingan Anda.

Pembeli akan menemukan bahwa PayPal cara yang mudah dan aman untuk melakukan pembelian. Penjual juga bisa mendapatkan keuntungan dari menggunakan PayPal. Meskipun begitu, ada beberapa risiko yang tetap harus diwaspadai dalam menggunakan PayPal.

Apakah PayPal aman untuk pembeli?

Bagi sebagian besar, PayPal aman ketika digunakan untuk mengirim uang. Namun, tidak ada yang benar-benar bebas dari risiko. Gangguan dan pelanggaran data mungkin bisa terjadi di mana saja, tapi PayPal adalah sebuah perusahaan terkemuka dengan keamanan yang cukup tinggi (dan perlindungan konsumen) built-in untuk menjamin keamanan online pengguna.

Keamanan data

PayPal aman dan terenkripsi. Selama Anda memiliki koneksi aman ke situs PayPal yang sah, informasi Anda akan tersembunyi. PayPal menggunakan semua fitur keamanan yang sama yang digunakan pada lembaga keuangan besar, dan bahkan mereka menawarkan imbalan berupa uang untuk “white hat” hacker yang dapat menemukan celah keamanan di dalamnya.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa informasi Anda aman? Ambil beberapa tindakan pencegahan standar: pastikan bahwa software (terutama software keamanan) pada komputer atau perangkat Anda selalu up-to-date, hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik, dan jangan log in ke akun Anda dari komputer yang bukan milik Anda pribadi.

Jika Anda ingin lebih berhati-hati, gunakan komputer khusus untuk setiap jenis transaksi apapun (komputer yang khusus digunakan hanya untuk transaksi keuangan). Terakhir, lihat phishing scams (email palsu yang muncul sebagai email dari PayPal, dan link ke situs penipu yang mencuri informasi akun Anda).

Akun bank dan nomer kartu kredit Anda

PayPal mengenkripsi informasi yang tersimpan dalam database, dan mereka mempekerjakan karyawan penuh waktu dan memiliki kebijakan untuk membantu mencegah setiap jenis pelanggaran. Tim keamanan PayPal tahu bahwa banyak hacker seluruh dunia yang mengincar informasi tersebut, dan mereka juga tahu bahwa mereka akan kehilangan kredibilitas jika sesuatu yang buruk terjadi.

Jika Anda pernah menggunakan kartu kredit online atau menyerahkan check ke merchant (pencuri mungkin dapat menemukan rekening bank Anda dan nomor routing pada setiap check pribadi). Ketika menggunakan PayPal, Anda dapat meminimalisir risiko tersebut. Bahkan, menggunakan PayPal jauh lebih aman daripada memberikan nomor kartu kredit (atau informasi rekening bank) secara langsung ke situs yang Anda kunjungi untuk berbelanja. Anda bisa menyimpan informasi tersebut di satu tempat yaitu PayPal, bukan menyebarkan informasi tersebut di mana-mana ketika Anda berbelanja.

Sengketa dan penipuan

Apa yang terjadi jika seseorang menghabiskan uang dari akun PayPal Anda tanpa izin, atau untuk membayar item yang tidak pernah Anda pesan? Program perlindungan pembeli dan perlindungan akun mungkin dapat mengembalikan uang Anda, Anda harus segera melaporkan transaksi yang mencurigakan, dan jenis transaksi tertentu yang tidak tercakup oleh perlindungan pembeli.

Perlindungan PayPal mirip dengan keuntungan yang Anda dapatkan dengan kartu kredit: Anda dapat mengembalikan tagihan jika penjual gagal untuk memberikan apa yang dijanjikan. Jika ingin perlindungan ekstra, adalah ide yang bagus untuk menyelesaikan pembelian PayPal dengan kartu kredit (menggunakan kartu kredit Anda sendiri sebagai mekanisme pendanaan, bukan “instant transfer” dari rekening bank Anda, kartu debit, atau saldo PayPal). Mengapa? Jika PayPal tidak mengembalikan uang Anda, Anda dapat mencoba lagi dengan penerbit kartu kredit Anda.

Banyak yang mengatakan, membayar untuk setiap pembelian menggunakan PayPal jauh lebih baik daripada membayar dengan Western Union atau wiring money.

Apakah PayPal aman untuk penjual?

Sebagai penjual tentu menginginkan setiap transaksi menghasilkan keuntungan bersama, tapi apa yang baik untuk pembeli tidak selalu baik untuk penjual. Jika Anda menjalankan bisnis, sangat penting untuk mendapatkan bayaran untuk produk dan layanan yang Anda berikan. Jadi, apakah aman mengandalkan PayPal untuk memproses pembayaran pelanggan?

Kebanyakan bisnis menggunakan PayPal untuk pembayaran karena aman, penjual dibayar kurang lebih seperti apa yang mereka harapkan, dan penipuan sangat jarang sekali terjadi. Namun, ada banyak cerita diluar sana bahwa bisnis harus memperhatikan sebelum mengasumsikan bahwa PayPal aman.

Sengketa pembayaran

Risiko utama bagi penjual adalah kemudahan pelanggan dapat membantah tuduhan atau tolak bayar. Pelanggan bisa mengklaim bahwa barang tidak pernah tiba atau penjual tidak memberikan apa yang dijanjikan, dan tampaknya PayPal berasumsi bahwa pelanggan adalah (hampir) selalu benar. Penjual bisa mengajukan kasus, tetapi mereka memerlukan bukti yang cukup kuat untuk membuat PayPal percaya dengan mereka.

Risiko ini tidak unik untuk PayPal. Biaya kartu kredit juga bisa dikembalikan dengan cukup mudah. Namun, untuk alasan apapun, PayPal tampaknya memiliki reputasi sedikit sulit untuk bekerja dengan penjual.

Pembayaran dapat disengketakan karena beberapa alasan:

  • Benar-benar penipuan pembayaran (misalnya, rekening nasabah di hack)
  • Pengiriman tidak pernah sampai
  • Pelanggan yang tidak puas dengan produk penjual

Jadi, apa yang dapat dilakukan penjual untuk melindungi diri? Hati-hati bagaimana menjual dan kepada siapa mereka menjual. Tidak mengherankan jika barang-barang mewah dan mahal merupakan target yang menarik bagi pencuri. Untuk mengurangi terjadinya masalah, cobalah beberapa tips berikut ini:

  • Kirim hanya untuk alamat yang terverifikasi.
  • Hindari mengirim barang in-person (harus ada bukti pengiriman dari UPS atau pengirim untuk PayPal).
  • Mengharuskan signature untuk barang-barang mahal.
  • Jelaskan apa yang Anda jual, termasuk fitur yang membingungkan atau keterbatasan yang membuat pelanggan tidak senang (termasuk foto dari setiap cacat atau kerusakan).
  • Segera berkomunikasi dengan pelanggan yang tidak senang dengan sopan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *