Social Media: 6 Tips Mengoptimalkan Data Social Untuk Target Marketing

Social-Media-Insights

Kita hidup di dunia yang sudah terhubung secara digital, berarti banyak orang yang meninggalkan sinyal digital bagi marketing. Biasanya, mereka akan menggunakan aplikasi mobile, sosial media, e-mail, dan sebagainya. Kabar baiknya, hampir semua orang menggunakannya. Saat ini mereka tidak ingin terlalu dekat dengan marketing, mereka lebih baik fokus terhadap pelanggan daripada terobsesi membentuk marketing pribadi.

Data social menawarkan marketing dengan beberapa sinyal digital terbaik. Pertama, banyak data public berbasis izin dibuat dan tersedia melakukan marketing melalui platform sosial. Kedua, data social dengan wawasan sederhana dan dapat membantu pesanmu dapat di terima oleh pelanggan.

Berikut ada 5 cara sederhana yang dapat menggunakan data social untuk marketing, dari sinyal digital yang menjadi kampanye pelanggan:

  1. Menargetkan Pelanggan

Pada bulan juli 2015, Twitter mengumumkan penambahan penargetan bagi marketing. Built-in kalender memungkinkanmu menemukan pameran, liburan, konser, dan kemampuan menemukan wawasan penonton. Ini terkait dengan pengikut-pengikutnya. Contoh, kamu dapat menemukan jumlah penonoton yang terlibat dalam melihat tweet. Setelah meneliti target marketing kamu dapat melakukan kampanye yang menargetkan acara dan menggabungkan pilihan acara. Target marketing dapat dilihat dari jenis kelamin, bahasa, dan perangkat, karena masing-maisng memiliki segmentasi yang berbeda.

  1. Target Content Marketing dengan Minat dan Tren

Jika kamu ingin memfokuskan content, kamu dapat menggunakan data social untuk mengidentifikasi topik atau tren yang menarik minat dan virality. Kamu dapat menggunakan pendekatan umum dengan menggunakan Twitter Moments atau Twitter Advance Search untuk mengidentifikasi topik yang sedang tren saat ini. Jika kamu ingin mengidentifikasi kepentingan kelompok kecil, kamu bisa menggunakan fitur yang disesuaikan dengan audiens Twitter berdasarkan daftar upload.

Kamu dapat meng-upload daftar alamat email, nomor ponsel, iklan ID mobile, username Twitter atau ID pengguna Twitter, dan Twitter. Mereka akan mencocokan pelanggan dan menunjukkan peringkat kepentingan dan demografi dasar. Gunakan beberapa kepentingan dengan topik content yang spesifik untuk audiens.

  1. Target Paltform Akan Kembali Berdasarkan Atribut Penonton

Cara paling mudah untuk menargetkan marketingmu pada data social yaitu dengan memilih platform sosial. Gunakan data yang disediakan oleh platform untuk menargetkan pengguna di iklan. Misalnya, Iklan di Twitter dan Facebook pada bisnis akan memberikan pengiklan pada data, guna membantu mendapatkan pesan marketing untuk kelompok pengguna tertentu.

Ketika orang mengklik platform ke situs web mu, kamu dapat menggunakan pixel untuk menargetkan kemabali iklan di situs lain yang didasarkan pada sumber klik dan penonton. Guanakan ini semua untuk menargetkan iklan di platform sosial.

  1. Target Pada Pengaruh Sosial

Menyebarkan berita tentang bisnis-mu lebih mudah ketika kamu memiliki penggemar dan pendukung. Jika kamu dapat menemukan dan membangun hubungan dengan influencer sosial dalam kategori atau topik, maka bisnismu akan diarahkan dan pesan marketingmu memiliki kesempatan untuk mencapai khalayak.

Gunakan layanan seperti Followerwonk oleh Moz atau BuzzSumi untuk mencari influencer yang berbasis follower. Ini untuk menemukan influencer eksternal atau koneksimu saat ini. bijaksanalah dalam melakukan strategi marketing di sosial mediamu.

  1. Target Email Dengan Data Social

Penargetan dan personalisasi email biasanya membutuhkan informasi di luar alamat email. Formulir pendaftaran atau pelacakan interaksi email dari waktu ke waktu akan mengumpulkan informasi lebih lanjut. Pelacakan membutuhkan waktu untuk memperoleh informasi di formulir pendaftaran yang berdampak negative terhadap pendaftaranmu. Pencocockan informasi sosial yang berbasis izin memungkinkanmu untuk mendapatkan segmen email lebih cepat. Serta, dapat mengirim pesan lebih relevan untuk kelompok dengan karakteristik yang berbeda.

Manager Twitter dapan membantumu mengidentifikasi segmen kelompok pada pendaftaran email. Namun, kamu tidak dapat mengidentifikasi data pribadi di setiap alamat email, kamu hanya bisa mendapatkan topik dan kepentingan dalam daftar email tertentu. Jika kamu meng-upoload email gmail mu dan email yahoo mu sebagai penonton akan terpisah. Ini terlihat ketika kamu dapat mengidentifikasi perbedaan dalam jejak mobile di setiap kelompok sebelum mengirim email yang menawarkan perangkat mobile sebagai hadiah.

  1. Target Marketing di Beberapa Penonton Sosial

Jika kamu seorang marketing data social yang maju, mungkin kamu akan melihat apakah iklan melalui beberapa situs sosial . marketingmu akan mencoba untuk mencapai orang-orang yang menggunakan beberapa situs sosial. Disitulah antarmuka program aplikasi data social (API) dapat berguna.

Banyak situs sosial yang menawarkan data melalui API, mungkin kamu akan tertarik pada data filed dan menggabungkan data dalam gudang data atau teknologi marketingmu. Jika konsep marketingmu terlalu culun, kamu bisa kembangkan menggunakan API data social untuk marketing dan menambahkan sumber daya. Seperti, insinyur yang terus tumbuh pada tim marketingmu. Dengan begitu kamu dapat mengambil keuntungan dari lanutan marketing yang berbasis data dan memanfaatkan aggregator API. Agar nantinya pekerjaan akan mudah dilakukan jika dikerjakan bersama.

Singkatnya, marketing akan memanfaatkan data social yang memiliki potensi besar yang ditargetkan. Pastikan kamu menjaga hal sederhana, identifikasilah pekerjaan dengan proses manual. Pastika bahwa kamu berpikir tentang apa yang diinginkan pelanggan dari pada mencoba mengubah pelanggan sesuai dengan perusahaanmu inginkan. Memfokuskan pelanggan menjadi kunci sukes dengan segata bentuk marketing berbasiskan data.

Baca Terkait : Begini Cara Memaksimalkan Sosial Media dengan Content Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *