SEO: 10 Tips Membuat Web-mu “Ramah”

6126924057_6941a7c9fe_b

Apakah kamu mengalami kesulitan ketika ingin mengubah website? Ingin membangun website yang lebih baik tapi tidak tahu caranya? Banyak website yang berpikir bahwa mereka harus merombak total website mereka, membuat situs baru demi membuat website lebih ‘ramah’. Pada beberapa situasi, hal tersebut mungkin saja perlu dilakukan untuk membuat website lebih indah dan tentunya dimuat lebih cepat. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan mempelajari teknik SEO. Dalam artikel ini, ada beberapa ide yang bisa kamu lakukan untuk membuat websitemu lebih ‘ramah’ tanpa harus merombak total.

Organisir MENU

Apakah websitemu memiliki berbagai item yang ada di bagian single heading navigasi menu? Jika ya, sebaiknya kamu mulai dengan merapikannya. Navigasi yang lebih rapi akan membuat visitor lebih mudah menemukan apa yang mereka cari. Dan karena mudah ditemukan, hal ini akan memberikan pengalaman yang positif bagi para visitor situs. Selain itu, pengaturan menu yang lebih ringkas tidak membuat visitor harus klik tombol ‘BACK’ berulang kali hanya karena mereka merasa kesulitan mencari apa yang mereka butuhkan.

Tampilkan Tombol Aksi (Call-to-action) pada Setiap Halaman

Setiap halaman website ditujukan untuk membuat visitor melakukan aksi tertentu. Contohnya, kamu ingin membuat mereka membeli produk, menonton video demo, atau sign-up sebagai subscriber. Apapun itu,  buat mereka aware tentang hal ini. Jangan buat visitor harus berpikir ketika mengunjungi situsmu. Apakah itu berupa sebuah tombol aksi atau hyperlink, tampilkan selalu sebuah ajakan beraksi pada setiap halaman website yang mampu mendorong mereka melakukan hal yang kamu ingin mereka lakukan.

Bergaul dengan Klien

Hari gini, semua orang pasti sudah turut serta meramaikan sebagai ‘penduduk’ media sosial. Karena bagaimanapun, kita adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan orang lain baik itu teman, keluarga, dan bahkan orang asing. Kita bahkan mempercayai rekomendasi mereka. Sebagai pemilik website yang ingin membangun brand imej di dunia online, kamu sebaiknya juga bergabung dan bergaul dengan komunitas. Buatlah Facebook Fan Page dan akun Twitter untuk brandmu dan fokus di sana. Setelah kamu menguasai kedua platform tersebut, barulah kamu bisa menambah platform sosial media lainnya.

Tambahkan Halaman ‘About Us’

Siapa kamu? Apakah kamu bekerja dengan tim? Apa latar belakang perusahaanmu? Ketika seorang entrepreneur—atau klien—ingin memilih perusahaan sebagai partner berbisnis, mereka biasanya terlebih dahulu mencari tahu tentang siapa orang di balik websitemu. Pastikan kamu menambahkan foto-foto dari tim kerjamu, disertai dengan biografi. Pengalaman professional memang menjadi nilai plus, tapi jangan lupa untuk juga mencantumkan hobi, kehidupan keluarga, dan hal-hal yang kamu sukai. Intinya, tunjukkan bahwa kamu juga manusia biasa.

Gunakan Gambar yang Besar dan Menarik

Gambar atau foto yang eye-catching akan menjadi tren desain web selanjutnya, hal itu karena gambar lebih ‘berbicara’ dibandingkan kata-kata. Rebut perhatian visitor dengan gambar dan foto-foto yang indah. Kamu bisa memasang foto timmu serta foto area kerja atau proyek yang sekarang sedang kamu kerjakan.

Eliminasi Gangguan (Musik, Splash Pages, dll.)

Apakah kamu memasang musik yang akan dimainkan ketika visitor membuka website, atau halaman splash yang menyulitkan visitor melihat konten websitemu? Hilangkan semuanya. Mengapa? Karena hal itu sangat  mengganggu visitor, dan menghalangi jalan mereka untuk mendapatkan yang mereka butuhkan dalam websitemu.

Apa Tujuan Utama Website?

Apa tujuan kamu membuat website? Apa yang kamu inginkan dari websitemu? Setelah menjawab pertanyaan tersebut, pastikan websitemu mewujudkan semua tujuan-tujuan tersebut: tambahkan atau kurangi halamannya. Atur kembali struktur situsmu, buat landing page yang baru, dll. Buat GOAL dari website tersebut sebagai prioritas utama dan biarkan timmu tahu tentang tujuan itu agar mereka juga bisa membantu mewujudkannya.

Buat Desain Responsif

Perkembangan mobile sangat besar saat ini, dan konsumen saat ini lebih senang browsing melalui mobile. Dan akan sangat sulit untuk membuka website yang tidak dioptimasi untuk layar mobile. Desain responsif menjadi tren yang sangat populer saat ini! Ada banyak sekali tools yang murah (bahkan gratis) dan berbagai resource untuk membantumu membuat website yang mobile-friendly dari situs yang ada. Jelajahi pilihan ini atau kamu bisa menggunakan jasa desainer web untuk membuatnya responsif.

Mulai dari Awal

Mungkin ini bukan solusi yang terbaik karena memakan banyak waktu, biaya dan resource. Tapi semua usaha itu pastinya akan terbayar ketika melihat website dengan tampilan baru. Jika kamu memiliki website yang usang, memulai kembali dengan teknologi baru mungkin menjadi pilihan yang bijak daripada memperbaiki kerusakan-kerusakan yang ada. Mulai dengan sketsa dari apa yang ingin kamu bangun dan kerahkan anggota tim terbaik untuk mewujudkannya.

Menggunakan Jasa Profesional

Ini menjadi tips yang pantas untuk dicoba karena menggunakan jasa desainer web yang profesional akan membawa pengalaman tersendiri dan membuat websitemu tampil sangat expert! Tapi selalu ingat untuk menyesuaikan dengan budget ya!

Ada banyak sekali tips SEO lainnya untuk membangun website yang lebih baik, namun ini bisa menjadi awal yang baik untukmu. Pilih satu atau beberapa poin di atas dan mulai buat perubahan pada situsmu. Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *