Pernah Mencoba 3 Alternatif WordPress Berikut?

wordpress

WordPress adalah salah satu platform blogging yang paling populer di dunia. Meskipun WordPress menawarkan versi hosted (WordPress.com) dan instalasi self-hosted (WordPress.org), akan tetapi keduanya memiliki keterbatasan. Kabar baiknya, jika kamu tidak ingin menggunakan WordPress, ada banyak pilihan platform yang tersedia untuk blogmu. Meskipun banyak, tapi hanya ada beberapa yang benar-benar mampu bersaing dengan WordPress sebagai pilihan yang layak untuk blog bisnis. Berikut tiga alternatif WordPress yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Squarespace

Meskipun sekilas Squarespace memiliki interface yang hampir mirip dengan WordPress, namun sebenarnya ini jauh berbeda. Tidak ada versi gratis dari Squarespace. Biaya yang ditawarkan mulai dari $8 per bulan sampai $24 per bulan.

Untuk versi premium “Paket Bisnis” menawarkan paket e-commerce lengkap dengan fitur yang (hampir) tidak terbatas.

Meskipun tidak ada paket gratis, kamu bisa mendaftar untuk percobaan gratis selama 14 hari. Setelah 14 hari percobaan, kamu bisa memilih dari salah satu dari tiga paket premium.

Salah satu fitur yang banyak disukai dari Squarespace adalah aplikasi editing yang dikenal sebagai LayoutEngine. Memindahkan, mengedit dan mengubah ukuran gambar jauh lebih mudah dibandingkan dengan WordPress. Karena layout berbasis grid, semua terlihat seimbang, selaras dimana pun yang kamu inginkan.

2. Typepad

TypePad merupakan kandidat yang kuat sebagai alternatif platform blogging selain WordPress. Meskipun fiturnya terbatas, tapi Typepad memiliki banyak keuntungan.

TypePad berfokus pada penyediaan platform blogging yang lancar dan stabil, tidak terpaku pada risiko yang sama dengan WordPress yang bisa gagal pada sejumlah tema dan plugin yang tersedia.

Sama seperti Squarespace, TypePad juga tidak menyediakan paket gratis. Kamu bisa mencobanya dengan layanan gratis selama 14 hari. Biayanya berkisar sekitar $8.95 sampai $29.95 per bulan.

Banyak blogger populer yang menggunakan platform TypePad, seperti Seth Godin, Paris Hilton dan Geek Week.

3. Blog.com

Blog.com mirip dengan WordPress yang menawarkan versi gratis dan premium. Kamu bisa memulainya dengan mencoba memilih layanan gratis.

Sub-domain gratis sebenarnya merupakan pilihan yang cukup baik. Sebagai ganti dari yourname.typepad.com atau yourname.wordpress.com kamu bisa mendapatkan yourname.blog.com. Jika kamu memilih versi gratis, kamu bisa mendapatkannya secara otomatis.

Kamu bisa memilih satu set dengan berbagai tema gratis, dengan lebih dari 2 juta blog yang menggunakan platform Blog.com, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang sangat kuat.

Sama seperti WordPress, Blog.com juga memiliki pilihan untuk menjalankan blog multi-author dan kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari situsmu dengan memasang iklan.

Pilihan lain : Managed WordPress Hosting

Kamu pasti pernah berpikiran tentang bagaimana bisa menggunakan alternatif WordPress untuk WordPress.

Ya, kamu bisa menggunakan solusi Managed WordPress Hosting.

Dengan Managed WordPress Hosting, kamu tidak perlu lagi khawatir tentang masalah umum pada WordPress. Hosting akan mengurus semua pemeliharaan situs termasuk upgrade ke versi terbaru dari WordPress. Hosting juga membatasi plugin yang diijinkan dan diinstal di situsmu. Mereka mungkin hanya mengijinkan satu set plugin yang telah diuji dan disetujui. Hal ini untuk mencegah menginstal plugin sembarangan yang dapat merusak blogmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *