Mempelajari Tentang Algoritma Instagram

instagram-feature-image

Kini Instagram telah mencapai 700 juta pengguna aktif bulanan, dan ada banyak konten yang hebat dan menarik di jaringan tersebut. Sebenarnya, menurut Instagram sendiri, pengguna rata-rata melewatkan 70 persen konten dalam feeds mereka. Dengan pemikiran tersebut, diciptakan algoritma Instagram yang menggunakan berbagai sinyal untuk menentukan konten mana yang muncul di bagian atas dari feeds pengguna. Idenya adalah memastikan setiap pengguna melihat postingan yang paling mungkin mereka pedulikan, meningkatkan keterlibatan secara keseluruhan dengan jaringan.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma Instagram?

Menurut entri blog Instagram, perubahan algoritma Instagram memungkinkan pengguna untuk “melihat momen yang diminati terlebih dahulu.” Intinya, ini semua tentang mencari tahu konten apa yang akan menarik minat Anda dan mengarahkannya ke bagian atas feeds Anda.

Jadi bagaimana Instagram mencari tahu apa yang paling mungkin Anda pedulikan? Satu-satunya faktor spesifik yang disebutkan oleh Instagram adalah “kemungkinan Anda tertarik pada konten,” “hubungan Anda dengan orang yang mengeposkan” dan “ketepatan waktu pos.” Juru bicara Instagram berbicara kepada Business Insider secara lebih spesifik, dan mencatat bahwa sinyal berikut termasuk yang dipertimbangkan oleh algoritma.

Ketepatan Waktu

Algoritma Instagram memperhitungkan bahwa orang ingin melihat postingan terbaru dan tepat waktu setiap kali mereka masuk. Ini artinya, Anda perlu melakukan postingan tepat waktu dengan audiens Anda saat mereka sedang membuka Instagram. Data menyebutkan bahwa pengguna Instagram paling sering login pada waktu 09.00-15.00.

Keterlibatan 

Algoritma Instagram meningkatkan entri yang mendapatkan lebih banyak keterlibatan berupa likes dan komentar. Dan karena komentar lebih banyak berusaha atas nama pengguna, ini tertimbang lebih berat daripada likes sederhana. Keterlibatan awal sangat penting, karena kesibukan aktivitas awal mengindikasikan algoritma Instagram bahwa sebuah pos layak ditumpuk di bagian atas dari feeds pengguna lain, yang menyebabkan keterlibatan lebih banyak lagi.

Hubungan

Melampaui apakah Anda mengikuti seseorang, faktor ini menganalisis kedalaman hubungan Anda dengan orang atau merek berdasarkan seberapa sering Anda cenderung terlibat dengan pos mereka dari waktu ke waktu. Jika Anda sering memberi likes dan mengomentari foto dan video seseorang, Anda akan melihat lebih banyak orang tersebut di feeds Anda.

 Ini membantu memastikan bahwa Anda melihat konten dari orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengan Anda walaupun orang-orang tersebut tidak memiliki cukup followers untuk mereka sendiri dalam mendapatkan banyak jenis likes dan berkomentar. Misalnya, postingan ibu Anda tidak akan pernah mendapat likes sebanyak yang diterima Kendall Jenner di instagramnya. Tapi karena Anda mungkin menyukai dan mengomentari postingan ibu Anda sesering mungkin, maka algoritma Instagram mengerti bahwa Anda ingin melihat apa yang dia posting, bahkan jika tidak ada orang lain yang terlibat dengan kontennya.

Hal ini penting untuk mengembangkan hubungan yang berkelanjutan dengan followers Anda. Keterlibatan yang konsisten lebih berharga daripada keterlibatan sporadis, jadi ketahuilah apa yang ingin dilihat followers Anda dan jalinlah hubungan baik dengan memberi mereka lebih banyak konten yang relevan. Gunakan Wawasan Instagram untuk melacak pos mana yang berkinerja terbaik dan kemudian modelkan konten itu untuk menyusun profil yang mengilhami followers setia Anda yang aktif di Instagram.

Profil Pencarian Dan Pesan Langsung

Mencari akun seseorang mengirimkan sinyal yang cukup jelas sehingga Anda tertarik untuk melihat lebih banyak konten mereka. Dan berbagi postingan seseorang dengan jaringan Anda melalui pesan langsung menunjukkan bahwa Anda mendapati konten itu menarik, meskipun Anda tidak secara umum menyukai atau mengomentari pos tersebut. Tindakan ini memberikan petunjuk kepada Instagram tentang “kemungkinan Anda tertarik” pada postingan dari akun tertentu.

Pesan langsung adalah bentuk sosial yang gelap, artinya Anda tidak dapat melacak keterlibatan ini. Tapi sementara Anda tidak dapat melihat hal tersebut, Instagram memonitor mereka di latar belakang. Ini adalah alasan lain untuk membuat konten menarik yang ingin dibagikan pengguna melalui kontak dari pesan langsung. Untuk memaksimalkan dampak penelusuran profil, pastikan profil Anda mudah ditemukan, dengan bio Instagram yang lengkap dan dioptimalkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *