Managed Web Hosting Vs Unmanaged Web Hosting Serta Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda

Picture Source : Google

Saat ini, telah banyak alternatif perusaahan web hosting yang berlomba-lomba menawarkan kemurahan. Anda bisa mendapatkan paket web hosting dengan performa cukup kuat hanya dengan membayar murah. Untuk jenis managed hosting, Anda bisa mendapatkannya mulai dengan membayar $150 tiap bulannya. Memang terdapat perbedaan harga yang cukup besar antara managed dan unmanaged web hosting, tetapi kembali lagi ke alasan paling mendasar dari semua ini, membayar lebih berarti kita juga akan mendapatkan lebih.

Perbedaan biaya ini disebabkan karena biaya tenaga kerja yang dikeluarkan untuk aspek teknis seperti pengelolaan server secara khusus untuk website anda, update software, melakukan backup harian dan layanan pelanggan. Mungkin Anda disini masih banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa itu managed dan unmanaged webhosting serta mana yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis Anda? Maka dari itu, kami mencoba menjelaskannya disini.

  1. Managed web hosting

Secara garis besar, managed web hosting itu sendiri ibaratnya seperti Anda mempunyai sebuah departemen IT yang secara khusus disiapkan untuk website anda. Web host yang anda gunakan akan menawarkan dukungan penuh melalui layanan telepon dan email untuk keadaan darurat, masalah teknis dan permasalahan lainnya. Perusahaan web host yang Anda pilih akan menilai kebutuhan Anda saat ini dan di masa masa depan untuk mengidentifikasi platform terbaik untuk bisnis Anda.

Membuat sebuah pondasi yang kokoh untuk website Anda akan mencegah Anda membuang-buang waktu berjam-jam dalam menyelesaikan masalah yang timbul seperti software yang mengalami crash, kecepatan server yang menurun dan masalah keamanan.  Keuntungan jika Anda menggunakan managed web hosting adalah Anda akan mendapatkan support penuh via telepon dan email, serta Anda bisa mengkonfigurasi server Anda sesuai kebutuhan bisnis Anda serta berbagai fitur pendukung lainnya.

  1. Unmanaged web hosting atau shared hosting

Unmanaged web hosting atau yang sering disebut juga dengan shared hosting adalah cara yang paling terjangkau untuk memulai menjalankan sebuah bisnis online, terutama jika Anda baru menyiapkan sebuah website untuk pertama kalinya dengan dana yang terbatas. Seperti namanya, website anda akan berbagi serveryang sama dengan banyak situs-situs lain. Anda tidak perlu untuk mengatur aspek teknis dari server tersebut dan ada banyak sekali software yang dapat diinstall dengan mudah untuk membantu Anda.

Namun web hosting jenis ini memiliki beberapa kekurangan di antaranya anda tidak bisa memilih spesifikasi khusus dari server agar sesuai dengan website Anda, semakin banyak situs di dalam server Anda maka akan memperngaruhi performa website anda serta fitur costumer service yang sering lambat saat merespon karena ada banyak pelanggan yang harus dilayani. Meskipun demikian, web hosting ini lebih dari cukup digunakan bagi mayoritas bisnis dengan skala kecil terutama bagi mereka yang baru pertama kali memulainya.

Anda bisa ketahui lebih tentang hosting terbaik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *