Internet Security: 9 Cara Efektif Mengakses Website yang Di Blok

blocked websites

Ada banyak alasan mengapa pemerintah memblokir akses ke situ-situs tertentu. Mungkin beberapa kantor dan instansi tertentu memblokir akses ke media sosial atau email pribadi. Jika kamu mengalami hal ini dan tidak tahu bagaimana untuk mengatasinya, jangan kawatir, karena kami memiliki 9 cara yang bisa dilakukan untuk membuka website yang diblokir. Biasanya berbagai jenis blok ini memerlukan penanganan teknis yang berbeda-beda, berikut ini 9 cara tersebut:

1. AksesĀ melalui IP bukan URL

Beberapa software memblok halaman website dari nama atau URL. Sebagai contoh, blok bisa diterapkan pada www.facebook.com namun tidak pada IP dari website tersebut. Kamu bisa mendapatkan IP dari Terminal di OS X atau Command Prompt jika menggunakan Windows. Ketikan ini dan tekan enter.
ping yourdomain.com
Copy-paste IP yang didapatkan ke address bar browser dan buka situs seperti biasa.

2. Gunakan Proxy

Ada banyak web proxy gratis yang menyediakan layanan untuk browsing web secara anonim. Kamu bisa menggunakannya untuk mengakses situs yang diblokir dengan mudah. Kamu hanya perlu memasukkan URL yang ingin dikunjungi pada web proxy.

Ketika membuka website menggunakan web proxy, kita tidak benar-benar terhubung ke website tersebut, melainkan terhubung ke proxy server, sedangkan yang terhubung dengan situs yang asli adalah server proxy. Apa yang kita lihat adalah versi cache dari situs yang diberikan proxy server. Kamu bisa mencoba web proxy seperti Proxysite atau Proxery, tapi jika ingin lebih banyak pilihan, kamu bisa mencoba Newproxysite.

3. Gunakan layanan VPN

Virtual Private Network atau VPN merupakan server yang memberikan akses pribadi melalui jaringan publik. VPN bisa membuat tampak seolah-olah kita sedang browsing dari negara dimana server berada, dengan demikian identitas kita yang asli akan tersembunyi. Ada banyak penyedia layanan VPN yang bisa kamu gunakan. Beberapa diantaranya menawarkan layanan gratis. Hola merupakan salah satu layanan VPN gratis yang cukup populer, karena layanan ini memungkinkan untuk browsing secara pribadi tanpa sensor, dan memiliki ekstensi browser untuk pengguna Chrome dan Firefox. Ada juga layanan VPN yang berbayar yang bisa kamu gunakan.

4. Gunakan TOR Browser

TOR merupakan browser yang memungkinkan untuk browsing secara anonim, dan menjamin privasi. Untuk menggunakannya, kamu harus men-download Browser Tor, menginstalnya seperti aplikasi biasa, kemudian buka aplikasi klik Connect untuk memulai koneksi dengan jaringan TOR.

5. Gunakan DNS Publik

Beberapa Internet Service Provider (ISP) menggunakan DNS mereka sendiri untuk memblokir akses ke beberapa situs. Untuk membukanya kamu bisa memotong pembatas dari ISP menggunakan Google Public DNS.

6. Gunakan Google Translate

Google Translate memungkinkan untuk menerjemahkan seluruh isi website dari satu bahasa ke bahasa lain. Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa jika kita memasukkan URL situs yang diblokir ke Google Translate, kemudian klik ONT pada link URL di sisi kanan, situs yang diblokir akan dapat diakses dalam bahasa terjemahan yang kita pilih. Disini kamu bisa melakukan trik dengan memasukkan URL dari situs yang diblokir pada Google Translate, kemudian klik link URL disisi kanan dan biarkan hal itu menunjukkan keajaibannya. Situs yang diblokir akan dibuka dengan bahasa terjemahan. Kemudian kamu dapat klik view untuk mempertahankan bahasa asli.

7. Gunakan Proxy manual pada Browser

Secara manual untuk mengatur proxy di bowser, kamu harus terlebih dulu memiliki proxy publik. Kamu bisa mencarinya di Hidemyass. Ada banyak proxy yang terdaftar disana dari negara-negara di seluruh dunia, dengan kecepatan, jenis dan tingkat anonimitas berbeda-beda. Pilih salah satu alamat IP dan port, kemudian lakukan pengaturan proxy di browser:

Untuk Firefox:

Klik Options > Advanced dan pilih tab Network. Dibawah Connection klik Settings, kemudian pilih Manual Proxy Configurations. Disini kamu masukkan Proxy HTTP yang diperoleh dari Hidemyass IP dan port kemudian klik OK.

Untuk Chrome:

Jika kamu ingin mengatur proxy untuk Chrome, kamu bisa menggunakan ekstensi Proxy Helper.

8. Edit Hosts Files

Kita bisa menggunakan layanan ini dari PenTest Tools untuk mendapatkan alamat IP situs domain atau subdomain yang diblokir. Kita hanya perlu memasukkan nama domain dan memeriksa “Include subdomain details” dan klik START, kemudian tunggu tool ini bekerja. Jika kamu menggunakan Mac buka Terminal, dan ketikan:

sudo nano /private/etc/hosts

Scroll ke bawah file host yang dibuka dan paste alamat IP di sana. Tekan Control + X kemudian Y untuk menyimpan file.

9. Gunakan SSH Tunnels

Pertama, kita harus memiliki akun SSH. Buka Terminal (jika menggunakan Windows) dan jalankan perintah berikut untuk login:

ssh -D 12345 user@host.domain

Perintah tersebut akan menjalankan server SOCKS pada port 12345. Kita akan diminta username dan password. Setelah berhasil login, jangan menutup terminal.

Selanjutnya, buka browser Firefox buka menu Preferences > Advanced > Network > Settings. Pilih konfigurasi Proxy manual, masukkan 127.0.0.1 pada SOCKS host dan masukkan nomor Port yang digunakan untuk membuka SSH tunnel. Klik OK untuk meyimpan pengaturan.

Setelah itu, buka tab baru dan ketik “about: config”, kemudian atur statement berikut:

network.proxy.socks_remote_dns

Sekarang, kamu bisa browsing menggunakan Firefox melalui SSH tunnel.

Itulah 9 tips dan trik bagaimana membuka website yang diblokir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *