Inilah Cara Terbaik Menggunakan Iklan Facebook Untuk Targeting B2B

facebook ads

Jika kamu bertanya pada pemasar online beberapa tahun yang lalu tentang channel terbaik untuk penargetan B2B, mungkin tidak akan ada yang menyebut nama Facebook. Bahkan, tidak sampai awal 2014, kamu bisa menargetkan seseorang di Facebook berdasarkan atribut profesional, seperti employer dan title.

Tapi sekarang, pada akhir tahun 2015, jika kamu bertanya pada kelompok pemasar online yang sama untuk menargetkan iklan B2B, sebagian besar akan menjawab Facebook.

Facebook tahu semua tentang penggunanya. Hal ini tampak seolah-olah kita yang memberitahu semua informasi ke Facebook. Facebook tahu email, nomor telepon, dan alamat kita. Facebook tahu dimana sekolah kita, dimana kita bekerja sekarang, dimana tempat kerja kita dulu dan bahkan Facebook tahu hobi kita.

Kita memberikan informasi ini kepada Facebook untuk memiliki “pengalaman Facebook yang lebih baik”, meskipun pengalaman yang dimiliki trade off menjadi profil yang lengkap bagi pengiklan. “Trade off” yang akurat menggambarkan hubungan.

Menggunakan Facebook untuk penargetan B2B

Untuk menggunakan Facebook dalam penargetan B2B, pikirkan beberapa poin berikut. Pertama kamu memiliki 4 faktor “Work” target. Mereka berada di dalam “More Demographics” dan di bawah menu “Work”.

Employers. Ini memungkinkan untuk menampilkan iklan pada orang-orang yang bekerja untuk sebuah perusahaan tertentu. Dalam sebuah bisnis sedikitnya memiliki sepuluh karyawan. Hal ini tergantung pada banyaknya daftar karyawan yang bekerja dalam perusahaan.

Jenis pekerjaan. Menampilkan iklan pada orang-orang dengan jabatan/jenis pekerjaan tertentu.

Industri. Ini adalah cara yang baik untuk memulainya, atau jika kamu ingin menambah beberapa informasi lain seperti pendapatan atau lokasi. Daftar ini didasarkan sepenuhnya dari klasifikasi Facebook sendiri. Tidak banyak pilihan, tapi Facebook menunjukkan apa yang terdapat dalam masing-masing industri.

Tipe Kantor. Kamu memiliki tiga pilihan : Small Business, Home Office, atau Small Office. Penargetan ini sebagian besar untuk mencampur dan mencocokkan ketika kamu tidak memiliki sebuah perusahaan besar yang ditangani.

Melalui Atribut “Kerja”

Ada target lain selain menu “Work” yang masih terkait, jika penargetannya tepat. Berikut adalah empat target yang mungkin perlu kamu pertimbangkan. Mereka berada dibagian “Life Events”.

“Away from Family”
“Away from Hometown”
“New Job”
“Recently Moved”

Hanya “New Job” saja yang muncul. Jika kamu kreatif dalam penargetan, kamu bisa membuat audiens terfokus dengan atribut lainnya.

Sebagai contoh, asumsikan orang yang bekerja di Coca-Cola dan baru saja pindah ke sebuah kota baru, dengan tidak ada keluarga ataupun teman. Dia bisa menjadi target yang baik untuk industri lokal yang menampilkan mesin penjualmu. Kamu bisa juga menambahkan, seperti “Income” atau “Behaviors”. Kamu bisa menambahkan apapun asalkan jumlahnya sesuai kebutuhan audiens.

Pada akhirnya, ini adalah tentang bagaimana kamu menggabungkan informasi. Ini merupakan tanggung jawab pemasar bukan Facebook untuk menarik audiens.

Bagi saya pribadi, iklan terbaik di Facebook adalah B2B. Kita harus tau tentang kepribadian, menarik perhatian dan kecerdikan dalam penargetan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *