Ini Dia Alasan Mengapa Cyber Security Harus Diterapkan pada Bisnis Anda

cyber security 2

Apakah Anda berpikir hacker tidak akan menyerang bisnis kecil Anda? Salah. Saat bisnis Anda menjadi korban serangan cyber, begitu pula pelanggan Anda.

Pada saat ini, hampir seluruh aspek di dunia digital tidak aman. Cyber security merupakan isu yang besar. Hacker menyerang Windows versi terbaru. Hacker menyerang mobil Chrysler. Hacker mengambil alih system transmisi kendaraan dari jarak 10 mil jauhnya dan membuat pengendara hanya bisa mendengarkan lagu dari Kanye West. Beberapa tahun yang lalu, terdapat seorang hacker yang terang-terangan mendemonstrasikan bagaimana ia meretas mesin ATM dan mengeluarkan ratusan dolar, menyalin data ponsel lain dengan sama persis, serta mengendalikan alat pemompa insulin dari jarak 50 kaki. Hal-hal di atas sangat gila, dan itu belum seberapa dibandingkan dengan jutaan data kartu kredit yang tersebar, ribuan identitas pegawai pemerintah yang dicuri oleh negara lain. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus peduli dengan cyber security, seberapa kecil pun bisnis yang dijalankan:

Bisnis Anda dapat menjadi korban – juga klien Anda. Anda dapat menjadi korban cyber attack dengan mudah hanya dengan mengabaikan cyber security. Jika Anda telah menjadi korban, maka klien Anda otomatis menajdi korban juga. Klien akan menyalahkan Anda, lalu dalam sekejap bisnis Anda hancur. Anda memang tidak menyebarkan informasi pribadi mereka, tapi Anda juga tidak berusaha untuk mengamankan informasi tersebut.

Cyber attack adalah bahan berita yang bombastis – yang berarti orang-orang bisa juga melakukan cyber attack hanya karena ingin terkenal. Orang lain yang melihat berita tersebut terinspirasi lalu melakukan hal yang sama, dan mungkin targetnya adalah bisnis Anda. Mereka mencuri data Anda lalu menganggap dirinya keren karenanya. Namun hal ini memiliki sisi positif, yaitu dengan maraknya cyber attack menggunakan metode tertentu, makin banyak pula orang-orang yang peduli dan berusaha menutup lubang keamanan tersebut. Namun jangan lengah dulu, karena saat seseorang berusaha satu menutup lubang keamanan, ada banyak orang yang akan mencari lubang keamanan lainnya untuk ditembus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *