Ini Dia 8 Email Alternatif Selain Gmail yang Bisa Kamu Coba

google-gmail-alternatives

Gmail mungkin saat ini telah menjadi layanan email paling populer saat ini, namun ada banyak orang yang masih merasa Gmail bukanlah yang terbaik. Sebagai permulaan, ada banyak user yang komplain tentang compose window yang baru, karena dirasa kurang user-friendly dan banyak bug-nya. Jika kamu punya lebih dari satu akun Google, kamu hanya bisa membuka satu akun saja (dalam satu tab).

Selain itu, tidak ada cara lain untuk mengimpor akunmu dari layanan lain ke dalam Gmail. Kamu bisa membuka akun Gmail lainnya hanya di Window baru. Namun jika kamu merasa ingin mencoba platform selain Gmail atau mungkin bosan dengan Gmail, ada berbagai pilihan layanan email yang bisa kamu coba berikut ini:

Zoho

Zoho adalah layanan email yang aman dan bebas iklan. Selain itu Zoho juga bisa diatur sesuai domainmu. Dalam layanan bebas biaya, kamu bisa menggunakannya untuk satu domain, dan memiliki hingga 5 user (penyimpanan masing-masing 5GB) dan hingga 3 grup. Jika kamu memiliki lebih dari satu domain kamu harus upgrade.

Berita baiknya, Zoho bisa digunakan di seluruh perangkat mobile yang support POP dan IMAP, atau melalui situs browser mobile. Zoho juga bisa digunakan dengan email klien eksternal via POP dan IMAP. Meskipun kamu bisa mengakses pesan dari akun email lainnya dalam Zoho Mail, tapi sekarang hanya bisa diakses dengan metode POP (bukan IMAP).

Mail.com

Mail.com adalah layanan gratis yang bisa digunakan untuk memilih lebih dari 200 domain yang tersedia; kamu bisa memilih domain yang berhubungan dengan profesimu (seperti @graphic-designer.com), atau sesuai hobi (@petlover.com), teknologi (@techie.com) dll. Ruang penyimpanan email yang tak terbatas, spam filter, antivirus, kalender yang integrasi, mail collector, layanan mobile dan kapasistas attachment 50MB.

Mail Collector adalah fitur yang memungkinkanmu mengirim dan menerima pesan dari seluruh servis email eksternal (melalui akses POP) dari akun Mail.com-mu. Mail.com juga mensupport Gmail, Hotmail dan Yahoo.

Outlook.com

Outlook.com, hadir menggantikan Hotmail, memiliki fitur Office Web Apps dan SkyDrive, jadi jika kamu pengguna setia Microsoft, kamu akan menyukainya. Kamu bisa import email dari Outlook Express, Windows Mail atau Windows Live Mail. Plus, kamu bisa menggunakan Outlook.com untuk mengirim dan menerima email dari akun email lain (melalui akses POP). Outlook.com juga menawarkan penyimpanan unlimited secara virtual di mana akan secara otomatis meningkat sesuai kebutuhan.

Outlook.com juga memiliki integrasi sosial yang dalam. Kamu bisa mengimpor kontak dari Facebook agar akses untuk chatting lebih mudah, dengan menggunakan fitur Messaging. Kemudian, kamu juga bisa melihat update dari teman-temanmu, mengakses dan mempublikasikan foto-foto Facebook, video, dan status melalui Outlook.com.

GMX

GMX adalah layanan yang membawahi Mail.com jadi kamu akan mendapatkan fitur yang serupa seperti Mail Collector, ruang penyimpanan email unlimited dan attachment 50 MB dari GMX. Meskipun GMX hanya menggunakan domain @gmx.com namun kamu bisa menambahkan widget ke dalam homepage untuk akses cepat ke Facebook, Twitter, dan yang lainnya dari akun emailmu. Jika kamu ingin mentransfer file yang lebih besar, kamu bisa menggunakan fitur FileStorage GMX yang aman.

GMX juga menggunakan modul anti-spam yang sangat berkualitas untuk membantumu memblokir email yang tak diinginkan dan akan men-scan email masuk dari virus dan Trojan. Ada beberapa sistem backup berbeda yang digunakan untuk mengamankan datamu dan tambahan ruang penyimpanan 2GB untuk menyimpan dokumen, gambar dan video.

Facebook

Banyak orang yang tidak menyadarinya, namun jika kamu memiliki akun Facebook maka kamu akan secara otomatis memiliki akun email @facebook.com. Kamu tidak hanya bisa mengemail temanmu melalui alamat email Facebook mereka, namun kamu juga bisa mengirim email ke alamat eksternal seperti Gmail, Yahoo, dll. Ketika kamu mengirimkan email ke eksternal maka akan muncul akun email Facebook-mu sebagai pengirmnya.

Mengirim email melalui Facebook sama seperti mengirimkan pesan pribadi di Facebook, tapi kamu bisa mengisi kolom user dengan alama email yang dituju. Melalui Facebook kamu bisa mengirimkan group message, melihat history percakapan keseluruhan, mute atau leave percakapan yang tidak kamu inginkan, serta menandai pesan sebagai spam.

Inbox.com

Dengan Inbox.com kamu bisa mendapatkan 5GB space penyimpanan email, batas attachment sebanyak 50MB, modul foto yang memudahkanmu untuk menyimpan, mengorganisir, dan men-share foto dengan teman dan keluarga, Organizer yang bisa membantumu lebih produktif. Ada juga fitur kalender, reminder, dan task manager, sekaligus notes yang sangat berguna untuk membuat daftar, menuliskan ide, membuat daftar to-do-list, dll.

Semua pesanmu akan secara otomatis diperiksa apakah mengandung spam, virus dan spyware agar selalu terlindungi setiap waktu. Tapi tidak ada scanning email jika untuk tujuan advertising. Jika kamu ingin menerima notifikasi email baru, kamu bisa install Inbox.com Toolbar beserta Email Notifier.

Yandex

Yandex memberikanmu alamat email @yandex.com secara gratis dengan ruang penyimpanan 3GB dalam Yandex Disk. Kamu bisa mendapatkan tambahan 7GB lagi jika melakukan beberapa hal seperti menginstall program Windows, mengupload beberapa file, atau mengajak temanmu untuk menggunakan layanan ini. Yandex sangat populer di Russia tapi juga mensuport 9 bahasa lainnya termasuk English.

Tidak seperti poin-poin sebelumnya, Yandex bisa mengimpor emailmu menggunakan akses POP atau IMAP. Kamu juga bisa menggunakan fitur task, dan RSS sehingga kamu bisa membaca RSS feeds dari interface yang sama. Yandex juga tersedia di aplikasi iOS dan Android atau dalam versi situs mobile.

Yahoo Mail

Banyak orang yang sudah meninggalkan Yahoo Mail dan beralih ke Gmail, padahal sekarang Yahoo sudah berubah menjadi jauh lebih modern! Kamu bisa meaksesnya dalam komputer, dalam email klien yang mendukung POP, dan dalam perangkat mobile (iPhone, Android, Windows). Batas penyimpanannya tak terbatas dan kamu bisa mengimpor kontak dari Facebook, Gmail, Outlook, dll.

Proteksi Spam-nya juga sudah diupgrade, bersamaan dengan SSL encryption (meskipun kamu harus mengaktifkannya secara manual). Layanan pesan singkat Yahoo yang sangat populer juga sudah ada dalam Inboxmu, jadi kamu bisa mengobrol dengan teman sambil membaca email. Kamu juga bisa mengirim dan menerima SMS melalui Yahoo Messenger.

Setelah membaca artikel di atas kamu pasti sekarang sudah lebih aware dengan berbagai layanan email selain Gmail, mana yang akan kamu pilih? Jika ada alternative Gmail lainnya kamu bisa beritahu kami dalam kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *