Ini dia! 3 Tips Jitu Membuat Video Tutorial

video tutorial

Internet tidak hanya menawarkan sumber untuk penelitian dan pengetahuan lebih lanjut tentang topik favorit kita, akan tetapi internet juga membuka pasar digital untuk mereka yang tertarik ingin menjadi instruktur dan pendidik. Berkat platform video seperti YouTube kita dapat menemukan koleksi video-video tutorial. Hal ini juga bisa dijadikan lahan bagi pengusaha dan blogger untuk menambah pundi-pundi pendapatan dari YouTube.

Walaupun siapapun dapat membuat video tidak berarti setiap orang bisa membuat video dengan baik. Kita harus memperhatikan profesionalisme supaya orang tertarik dan bisa terlibat dengan konten kita.

Berikut adalah tiga tips cepat untuk membuat video tutorial yang menarik :

1. Gunakan mikrofon yang berkualitas

Dalam sebuah video kualitas audio harus diperhatikan dengan baik, kita harus menggunakan mikrofon yang berkualitas. Untuk saat ini mikrofon yang yang sesuai standart industri sudah banyak dijual dan tidak begitu mahal serta banyak jenisnya. Biasanya penonton harus bisa mendengar suara dengan keras dan jelas, jangan hanya gara-gara audio yang tidak jelas didengar, membuat penonton berhenti melihat video kita.

2. Tinjau kembali video sebelum di publish

Selain memeriksa pada kualitas audio, kita juga harus memastikan kualitas video. Kabar baiknya adalah hal tersebut bisa kita lakukan dengan mudah dan murah. Faktor penempatan kamera sangat penting untuk mendapatkan gambar yang maksimal. Setelah video siap ditontonkan, sebaiknya tinjau kembali dengan mata kritis, seolah-olah kita adalah penonton. Bagaimana kesan kita setelah melihatnya?

3. Fokus pada inti video

Penonton video online dapat dengan mudah terganggu sehingga kita harus menjaga supaya penonton tetap fokus melihat video tutorial yang kita buat. Beritahu penonton kalau kita sedang menuju garis besar video secara singkat dan sedikit mengulang kembali pelajaran yang telah mereka kuasai sebelumnya. Jangan memberi penonton alasan untuk keluar dari video kita.

Itulah 3 tips jitu bagaimana membuat video tutorial, mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *