Ini Dia 3 Software PHP yang Banyak Digunakan Orang!

php

Ketika membuat sebuah website, ada banyak pilihan software yang bisa kita gunakan. Tapi PHP memiliki beberapa versi di internet. Berikut ini beberapa software berbasis PHP yang paling banyak digunakan untuk membuat website.

1. WordPress

WordPress merupakan sistem blogging yang berbasis PHP. WordPress merupakan salah satu yang paling populer di internet. Kita bisa membuat halaman statis menggunakan backend WordPress. Setelah menginstal WordPress, kita dapat dengan mudah untuk mengelolanya. Siapa saja bisa menggunakannya, bahkan yang sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang pemrograman. Kita cukup mengetikkan teks dalam kotak untuk membuat halaman atau posting, sangat sederhana. Kelebihan lainnya yang tidak kalah hebat adalah kontribusi pengguna library template gratis dan add ons untuk menambah style dan fitur pada website. Ini merupakan teknologi yang umum, terjangkau dan mudah digunakan.

2. Joomla

Joomla merupakan salah satu CMS (Content Management System) terbaik saat ini. Sama seperti WordPress, Joomla juga merupakan software gratis untuk mengelola website. Template Joomla memiliki banyak fleksibilitas. Kita tidak bisa memiliki satu set halaman template, tapi kita bisa memilih elemen tertentu untuk setiap halamannya (seperti header) dan elemen-elemen lainnya dengan hanya menyertakan beberapa halaman (seperti Twitter feed). Selain itu kita juga bisa memindahnya. Mencoba navigasi di sebelah kiri, kemudian di atas, dan memindahkannya kembali hanya dengan mengklik tombol. Bagi pengguna akhir mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk benar-benar memahami Joomla.

3. phpBB

Forum merupakan salah satu cara utama orang untuk berkomunikasi dengan orang lain secara online, dan phpBB merupakan salah satu yang terbaik. Sama seperti yang lainnya, phpBB merupakan software yang gratis. Hadir dengan banyak fitur yang tepat “out of the box” seperti software yang lainnya. Salah satu hal yang menarik dari phpBB adalah kontribusi besar konten dari user dan add ons. Satu hal yang perlu diingat, meskipun kita bisa menginstal banyak add ons, tidak semua add ons bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk selalu backup semua pekerjaan. Mengerti sedikit tentang PHP bisa sangat berguna, karena mungkin kita harus secara manual mengedit beberapa baris untuk membuat add ons bekerja dengan baik.

Diantara ketiga software tersebut, kita bisa mengaplikasikannya ke website. Bahkan kita bisa menggunakannya secara bersamaan dan membuat style mereka terlihat sama. Kita bisa memiliki blog, paket konten website, dan forum komunitas yang besar. Jadi, kenapa kamu tidak mencoba semua software ini? Kamu pasti tidak akan kecewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *