Dot com to dot love: Cara Menggunakan Domain Web Baru untuk Mendapatkan Perhatian

oleh Malavika Velayanikal

1

Bagaimana dot, kerja dot, dot uang, dot yoga—ini hanya beberapa ekstensi domain baru diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan. Dan inilah sebuah contoh dari banyak domain top-level generik (gTLD), karena mereka secara teknis disebut, yang tersedia baru-baru ini—dot buzz, dot keren, dot tips, dot bir, dot wtf,

Sampai hanya sedikit lebih dari setahun yang lalu, internet adalah tempat yang serius dengan 22 gTLD, seperti dot com, dot net, dot org, dan lainnya. Kemudian Internet Corporation of Assigned Names and Numbers (ICANN), sebuah organisasi non-profit dengan berbagai pemangku kepentingan yang mengelola domain internet, melemparkannya terbuka karena ruang lama didapatkannya terlalu rumit. Hampir 1.500 ekstensi domain baru dalam proses yang digulirkan, dan lebih mungkin untuk ditambahkan. Dari era dot com, kami datang untuk era dot apapun.

Hal ini menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru, terutama untuk startup yang ingin mendapatkan perhatian cepat dengan ekstensi domain menggairahkan seperti dot seluler, dot aplikasi, atau bahkan dot menggairahkan.

Terlepas dari hal-hal baru dan faktor keren, ekstensi domain baru juga dapat membuat relung komunitas di internet, seperti kerumunan makanan kesehatan berkumpul di titik diet, kebugaran yang ganjil keluar pada titik kebugaran, atau bisnis dan orang-orang dengan pandangan global berkumpul—Anda dapat menebaknya—dot global. Jutaan nama domain dengan ekstensi baru sudah terdaftar, dan itu semakin bertambah karena gTLDs lebih mendatangi online. Jadi jika Anda memiliki sebuah toko hewan peliharaan, Anda harus memutuskan dengan cepat jika Anda ingin berada di dot toko atau dot anjing—mungkin keduanya.

Internet berubah tepat di depan mata kita dan jika kita tidak mengikuti hal baru, itu hanya akan melewati kita. Kita telah melihat betapa pentingnya hashtag dan mempergunakan Twitter telah menjadi perkembangkan berikutnya atau hanya mendapat perhatian. Hal yang sama mungkin terjadi dengan ekstensi domain baru.

Sebuah laporan resmi baru saja dirilis oleh NetNames, sebuah perusahaan berpusat nama domain manajemen UK, menunjukkan bahwa pada tahun 2020 ini gTLD baru pengguna internet akan berfragmen menjadi “komunitas minat.” Domain nama akhiran seperti dot olahraga, dot berita, dan dot liburan akan menciptakan daerah dari internet khusus untuk kepentingan yang berbeda. Hal ini juga akan mempengaruhi navigasi berbasis browser karena sifat deskriptif ekstensi domain baru membuat mereka mudah diingat bagi pengguna internet. Penelitian NetNames menunjukkan bahwa 59 persen pengguna internet diharapkan untuk lebih mudah menemukan kepentingan mereka melalui ekstensi domain seperti dot art.

Nama geografis dalam ekstensi domain baru juga menciptakan kemungkinan yang lebih lokal daripada domain negara seperti dot di (India), dot cn (Cina), atau dot jp (Jepang). Misalnya, salah satu ekstensi domain yang baru saja tersedia untuk pra-registrasi  adalah dot Ryuku untuk rantai kepulauan Jepang dari Kyushu menuju Taiwan, termasuk hub startup muncul dari Okinawa yang juga tersedia sebagai .okinawa. Ekstensi domain Jepang lainnya di dalam pipa termasuk dot tokyo, dot osaka, dot kyoto, dot yokohama, dan dot nagoya. Pengusaha India, sementara itu, harus puas dengan .desi, seperti Indian di Amerika suka menyebut diri mereka ( ‘desi’ berarti sebangsa dalam beberapa bahasa India). Tetapi hanya sekitar 500 dari hampir 1.500 gTLD baru keluar, sehingga startup India akan melihat ke depan untuk beberapa ekstensi domain kota-spesifik yang dapat membantu mereka untuk melokalisasi daya tarik mereka.

Salah satu ekstensi domain baru terpanas di India sekarang adalah dot kriket—itu adalah permainan sangat populer di negeri ini dan Piala Dunia dimulai pada tanggal 14 Februari.

Bagaimana gTLD baru akan mempengaruhi SEO dan apakah Google akan men-tweak algoritma untuk untuk mereka perdebatkan terbuka. Tetapi mayoritas bisnis (85 persen) yang disurvei oleh NetNames menjawab bahwa mereka akan merubah strategi pemasaran digital mereka.

Bulan ini jumlah pendaftaran nama domain menggunakan ekstensi baru menyeberangi 4 juta mark. Hal itu masih sejumlah kecil dibandingkan dengan hampir 300 juta nama domain secara keseluruhan di internet. Tetapi apa yang signifikan adalah bahwa lebih dari setengah pendaftaran baru selama tahun lalu berada di ekstensi baru. Jadi tren yang jelas dan hanya dapat semakin bertambah jauh dari sini. TLDWatch memprediksi bahwa jumlah pendaftaran pada gTLD akan menyeberang 10 juta pada akhir tahun ini.

Seperti dengan semua hal yang baik, ada juga kerugian. Brand besar sekarang menghadapi kepusingan lebih besar dalam melacak nama domain tersebar yang menipu pengguna internet, seperti di ibm.ventures atau burberry.clothing atau lufthansa.email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *