Akankah Facebook Messenger Mengalahkan Email?

36_145_pu_img_facebook_messenger_vs_email

Akankah Facebook Messenger mampu mengalahkan eksistensi email? Ini adalah topik yang semakin relevan karena pemilik bisnis semakin mencari cara untuk meningkatkan komunikasi antara mereka dan klien. Karena open rate pada email telah menurun selama bertahun-tahun, maka pemasaran melalui multi saluran telah menjadi bagian penting bagi setiap bisnis untuk menghasilkan penjualan. Melalui perluasan kemampuan di Facebook Messenger, akhirnya kita lebih mengandalkannya dan semakin jarang menggunakan email.

Facebook Messenger vs Email (Apakah Ada Ruang Untuk Keduanya?)

Dengan satu miliar orang yang menggunakan Facebook Messenger, ini adalah platform kuat bagi bisnis untuk memanfaatkannya sebagai basis komunikasi utama mereka. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum melakukannya.

Facebook Messenger Bersifat Personal

Saat ini, sebagian besar individu menggunakan Facebook Messenger untuk berkomunikasi dengan teman mereka secara pribadi atau berinteraksi dengan Facebook Page. Jenis interkasi ini serupa dengan bagaimana orang-orang menggunakan email di tahun 90an. Selama ini, setiap email yang Anda terima berasal dari seseorang yang dikenal, dengan demikian Anda selalu membaca setiap email. Seiring berjalannya waktu dan email menjadi alat pemasaran, maka tingkat open ratenya menurun karena orang-orang butuh menyaring spam untuk menemukan pesan yang relevan dengan mereka. Karena itu, agar Messenger dapat bermanfaat dalam bisnis Anda maka sangat penting untuk mempertahankan komunikasi. Gunakan nada yang sama seperti saat berkomunikasi dengan teman. Jika Anda mencoba pendekatan penjualan yang berlebihan, Anda mungkin akan cepat kehilangan kontak dengan basis pelanggan.

Aplikasi Tersembunyi Dalam Facebook Messenger

Ini adalah alasan mengapa pemasaran Facebook Messenger berada jauh di depan email. Setiap jenis email yang dikirim oleh bisnis adalah satu dimensi yang artinya pengguna harus meninggalkan email mereka untuk melakukan semua jenis tindakan. Sedangkan di dalam Messenger, ada banyak aplikasi yang tersedia dan memungkinkan pengguna melakukan berbagai fungsi tanpa harus meninggalkan aplikasi. Anda dapat melakukan segalanya mulai dari pembelian, mengatur pengingat, memesan Uber atau Lyft, dan bahkan menerima pemberitahuan pengiriman dari pedagang dalam aplikasi tersebut.

Komunikasi Interaktif

Pada sebagian besar situs web saat ini terdapat formulir kontak yang teruji dan benar, yang mana dapat mengirim email ke akun yang ditunjuk. Sayangnya, saat ini semakin banyak orang yang berkomunikasi dengan sebuah brand melalui sosial media. Agar bisnis dapat berkomunikasi dengan pengguna secara langsung, mereka memanfaatkan Messenger dari situs untuk melakukan percakapan real-time dengan pengguna. Keuntungan berkomunikasi dengan pengguna melalui cara ini adalah membuatnya lebih mudah untuk dilibatkan di Facebook. Saat mengobrol dengan Anda, mereka dapat dengan cepat melihat konten yang diposting dan juga penawaran yang ada saat ini.

Facebook Messenger Broadcast

Karena sebagian besar pesan yang dikirim dari Facebook akan terlihat dalam beberapa menit setelah diterima, maka masuk akal jika pebisnis memanfaatkan platform ini untuk memberi tahu audiens tentang apa yang sedang terjadi dalam bisnisnya. Daripada hanya mengirim email untuk mempromosikan penjualan terbaru yang bisa mendapat open rate 20 persen, Anda dapat memanfaatkan Messenger untuk menyiarkan pesan ke pengguna dengan pencapaian open rate hingga 80 persen. Saat Anda memutuskan untuk menyiarkan pesan atau broadcast, penting untuk mengelompokkan orang ke dalam kategori yang sesuai. Karena Facebook Messenger cukup personal, Anda perlu memastikan bahwa pesan dikirim kepada orang-orang yang paling banyak berhubungan dengan bisnis Anda atau relevan.

Akankah Facebook Messenger mengalahkan email? Hal ini sepenuhnya mungkin karena cara orang menggunakan email kini telah berubah secara dramatis dan mereka lebih menyukai menggunakan Messenger dalam kehidupan mereka. Penting bagi sebuah bisnis untuk menggunakan Messenger sebagai bagian dari proses pemasaran dan melibatkan pengguna dalam bisnis mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *