8 Tips Ampuh Memilih Perusahaan Web Hosting yang Baik

hosting

Perusahaan web hosting yang kita pilih dapat menentukan kesuksesan bisnis kita. Salah satu hosting yang baik adalah yang mampu menjalankan beberapa hal dengan lancar, mudah dijangkau, dan dapat memperbaiki masalah secara efisien. Sebaliknya, hosting yang buruk memiliki lebih banyak kekurangan daripada keuntungan, tidak dapat diandalkan pada saat-saat kritis, dan membawa bisnis kita ke dalam masalah. Menemukan web hosting yang baik sangat penting untuk kesuksesan sebuah bisnis.

Berikut adalah tips bagaimana memilih perusahaan web hosting yang baik yang dapat menghemat uang, menghindari dari kekacauan teknis, dan membangun online platform untuk masa depan.

1. Pilih layanan yang fokus pada hosting

Meskipun kadang kita tergoda untuk sign-up dengan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan tambahan selain website hosting, aturan sederhananya adalah bahwa jika perusahaan terlalu banyak variasi layanan, biasanya tidak akan memberikan kualitas terbaik di setiap layanan mereka (misalnya dukungan teknis, update, pemeliharaan, dll).

2. Pilih hosting dengan reputasi yang baik untuk keamanan online

Kebanyakan hosting yang aman akan memberikan sertifikat SSL untuk jaminan keamanan kita. Tanpa sertifikat SSL di website, pengunjung mungkin datang dan pergi tanpa mengidentifikasi diri mereka sendiri, dan ini bisa membuat situs kita menjadi sangat risiko. Pastikan hosting yang akan kita gunakan menerapkan praktik terbaik dalam pemeliharaan arsitektur keamanan, memperbarui perangkat lunak keamanan, dan merespon secara efektif jika terjadi pelanggaran. IDwebhost adalah salah satu perusahaan web hosting yang berpengalaman, terpercaya, dan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik.

3. Memiliki dukungan teknis dan layanan pelanggan yang baik

Pastikan bahwa perusahaan web hosting yang akan kita pilih menyediakan dukungan teknis dan layanan pelanggan salah satunya melalui saluran telepon. Beberapa sudi juga menunjukkan bahwa layanan pelanggan melalui telepon jauh lebih efisien daripada dukungan email pada umumnya.

4. Memiliki beberapa add-ons tambahan

Beberapa perusahaan web hosting besar biasanya memiliki add-ons tambahan untuk membuat situs lebih efektif dan user-friendly. Misalnya seperti galeri upload gambar, blogs, control panels, form order, dukungan script, databases, dan fitur embedded video. Pilih hosting yang menawarkan add-ons tambahan yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Jangan terlalu percaya pada ratings

Mungkin ada banyak hosting yang memberikan janji uptime hingga 100%. Tapi tidak ada cara yang benar-benar valid untuk membuktikan hal ini kecuali mencobanya secara langsung. Selain itu, ada juga yang menawarkan bandwidth dan space yang lebih besar pada server mereka. Oleh karena itu berhati-hatilah dengan sistem ratings online. Angka-angka ini dapat disulap untuk membuat web hosting terlihat lebih baik atau lebih buruk daripada sebenarnya.

6. Harga

Ini biasanya merupakan salah satu pertimbangan utama dalam memilih web hsoting. “Apa yang kita bayarkan sesuai dengan apa yang kita dapatkan”, kira-kira pepatah seperti itulah yang tepat untuk menggambarkan sebuah web hosting. Jika kita memilih harga yang murah, mungkin fitur dan layanan yang kita dapatkan juga kurang maksimal. Begitupun sebaliknya, jika kita mau membayar lebih maka kita akan mendapatkan fitur dan layanan yang lebih maksimal. Intinya adalah kita harus benar-benar membaca dengan teliti harga yang ditawarkan sebelum mengambil keputusan.

7. Fleksibel

Kita harus menyadari bahwa bisnis akan terus tumbuh dan kebutuhan akan online platform juga semakin meningkat. Oleh karena itu, kita membutuhkan perusahaan web hosting yang menawarkan fitur yang fleksibel, mendukung berbagai bahasa pemrograman, menawarkan pilihan Linux dan Windows, dan mendukung array dari scripts (PHP, Pearl, Java, dan lainnya).

8. Perlindungan terhadap spam, virus, trojan horses

Sebagian besar situs web hosting yang terpercaya memberikan perlindungan email yang solid. Pastikan untuk memeriksa kompabilitas. Namun, misalnya, jika kita menggunakan Microsoft Outlook, pastikan bahwa host memiliki tools dan layanan untuk melindungi Outlook email secara efektif, tanpa memblokir notifikasi utamma dari klien atau suppliers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *