6 Faktor Bisnis Anda Terpengaruh Sisi Negatif Web Hosting

5331910087_585181744c_o

Web hosting adalah bagian krusial bagi kehidupan online suatu bisnis. Anda harus bisa memilih hosting handal untuk menciptakan website yang mempesona, dan memasarkannya secara online karena kualitas web hosting bisa memberikan perubahan yang radikal pada bisnis. Jika website bisnis Anda tidak berfungsi dengan baik, sering down, gagal menjalankan fungsi atau memuat halaman tertentu hingga Anda mendapatkan komplain dari konsumen, web hosting lah yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di mata konsumen.

Memang tidak semua penyedia layanan web hosting itu sama buruknya dan menyebabkan kerugian waktu dan uang. Anda hanya perlu lebih peka pada website bisnis Anda. Berikut ini adalah enam pertanda jika performa buruk website dipengaruhi oleh web hosting.

Waktu Loading Lamban

Jika website memerlukan waktu muat yang lama, Anda tidak hanya akan kehilangan traffic namun juga ranking di Google karena salah satu faktor utama penentuan ranking dilihat dari waktu loading yang cukup cepat. Sebaiknya hal ini menjadi perhatian utama dalam memilih web hosting yang kompeten yaitu dengan mempercepat waktu loading website.

Layanan yang Tidak Dapat Diandalkan

Hosting web yang berkualitas sangat penting bagi setiap kebaikan sebuah bisnis. Web hosting yang tidak berkualitas sering membuat website Anda mengalami down-time. Jika visitor sering menghadapi hal ini, mereka tak akan ragi-ragu untuk mencari pilihan website lain yang sangat mungkin adalah kompetitor Anda! Hal itu berarti kemungkinannya Anda kehilangan bisnis, uang, dan reputasi dengan semua gangguan yang terjadi. Coba cek apa masalahnya, jika itu adalah masalah bandwith dan/atau perbaikan yang sering kali harus dilakukan, sudah saatnya kamu beralih ke penyedia hosting lainnya.

Keamanan Kurang Terjamin

Keamanan website tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya, dan sebaiknya penyedia hosting menawarkan fitur keamanan seperti antivirus software, aplikasi anti-malware, dan teknologi firewall; jika tidak, ada kemungkinan website bisa dihack, dan kehilangan informasi penting.

Penyedia layanan hosting yang murah biasanya tidak menyediakan fitur keamanan, dan membiarkan website Anda menjadi rentan.

Customer Service Buruk

Ketika website tidak dapat bekerja dengan benar atau tiba-tiba down, hal pertama yang tentunya akan dilakukan adalah bisa terhubung dengan tim customer service yang expert, aktif, dan tentunya solutif yang siap membantu kapan saja. Jika mereka tidak responsif atau suportif, saatnya beralih ke perusahaan hosting lainnya. Anda tentu tidak ingin membiarkan websitemu down dalam waktu yang lama bukan?

Kurang Informasi tentang Fitur

Cermati berbagai fitur yang ditawarkan penyedia layanan hosting. Jika Anda hanya mendapatkan fitur basic dari biaya yang dibayarkan, maka sesungguhnya Anda telah merugi. Mereka seharusnya menawarkan fitur advanced, bahkan jika harus membebankan biaya tambahan.

Kurangnya Dukungan Bantuan

Setiap website memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal support teknologi dan platform dan Anda harus memastikan bahwa web hosting yang Anda pilih mampu mengakomodir kebutuhan tersebut. Jika website Anda tidak dapat bekerja dengan sempurna karena adanya masalah memory, bandwith atau ruang penyimpanan, maka website Anda akan terus menghadapi masalah tersebut setiap waktu. Jika Anda membangun portal web dengan ASP.NET, sebainya pastikan penyedia hosting memberikan support untuk hosting Windowns, dan jika website menjalankan PHP/MySQL, maka pilih hosting yang support hosting Linux.

Faktor-faktor di atas bisa saja mengganggu perkembangan bisnis online Anda, oleh karena itu pastikan pilih web hosting terbaik agar dapat merasakan perbedaan antara yang terbaik dan web hosting yang tidak. Sedangkan bagi Anda penyedia layanan hosting, pastikan Anda memerhatikan aspek-aspek penting di atas, dan jangan sampai berikan celah pada konsumen untuk komplain. Keep improved!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *