5 SEO Strategis Bergerak untuk Meningkatkan Tingkatan Website Anda

SEO1

Bagi pemilik dan pengelola UKM luangkan waktu untuk memahami seluk beluk optimasi mesin pencari (SEO) yang sepertinya tidak perlu. Namun, memanfaatkan taktik pemasaran digital terbaru penting bagi bottom line Anda.

Berikut adalah lima taktik SEO yang relatif sederhana yang dapat membantu Anda mencapai tujuan pendapatan.

  1. Tulis konten asli

Pastikan konten situs web Anda asli dan ditulis dengan baik. Duplikasi konten orang lain tidak hanya tidak etis, namun juga akan merugikan peringkat Google Anda. Hal yang sama berlaku untuk menduplikat konten Anda sendiri. Setiap halaman situs Anda harus dikhususkan untuk topik unik yang disajikan dalam konten asli. Jika Anda menggunakan konten yang sama berulang-ulang, halaman situs Anda tidak akan berperingkat tinggi di search engine.

Google menyarankan untuk membuat konten dengan pengguna situs web Anda. Informasi apa yang akan berguna dan berarti bagi mereka? Konten apa yang akan menunjukkan kredibilitas Anda? Isi konten berulang, informasi yang dapat ditemukan di mana saja, penggunaan kata kunci yang tidak tepat dan kalimat yang ditulis buruk pasti akan membuat pengguna situs Anda (dan Google) meninggalkan.

  1. Gunakan kata kunci spesifik

Seperti konten, saat memilih kata kunci untuk halaman situs web Anda, ingatlah pengguna situs Anda. Kata-kata apa yang akan mereka gunakan saat mencari bisnis, produk atau layanan Anda? Banyak UKM memilih kata kunci berdasarkan bidang keahlian dan jargon industri mereka. Misalnya, pengacara pribadi secara alami menggunakan bahasa profesinya, jadi Anda akan menemukan banyak halaman web dengan kata kunci seperti “kewajiban lokal,” “pertanggungjawaban produk,” “malapraktik medis” dan tentu saja, “kerusakan pribadi “.

Penelitian menunjukkan orang yang mencari pengacara kerusakan pribadi menggunakan istilah yang spesifik untuk situasi mereka, seperti” pengacara untuk cedera kecelakaan “atau” pengacara salah diagnosa kanker “.

Ingin menjangkau sebanyak mungkin pelanggan, jenis bisnis lain menggunakan kata kunci umum, seperti “perbaikan komputer,” “perusahaan bergerak”, “makanan khusus” dan ungkapan lain yang membuat halaman web mereka bersaing dengan ratusan ribu halaman di Google.

Apa yang dikatakan para ahli SEO kepada Anda adalah kata kunci yang panjang, frase sangat spesifik dengan apa yang Anda jual, dan  jauh lebih efektif. Tidak hanya lebih mudah menentukan peringkat, mereka membawa orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda ke situs web dan berlawanan dengan pengunjung situs yang mudah mencari informasi.

  1. Optimalkan navigasi

Waktu yang dihabiskan untuk mengaudit dan memperbaiki navigasi situs web dan tautan internal Anda bisa sangat bermanfaat. Banyak situs disiapkan sehingga halaman yang tidak penting seperti halaman kontak mendapatkan peringkat lebih tinggi di search engine daripada halaman yang lebih penting karena adanya penautan internal situs dan struktur. Ubah struktur navigasi dan struktur penautan internal kemudian dapat menguntungkan peringkat situs Anda di Google, sekaligus membantu pengguna menemukan laman yang mereka inginkan.

Alat online dapat membantu mengidentifikasi halaman situs web Anda dengan banyak inbound link sehingga Anda dapat membuat perubahan pada kode dan tautan ke halaman-halaman ini untuk menghentikan Google mengindeks dan memeringkatnya. Namun, pemeriksaan yang baik terhadap halaman situs Anda bisa sama bergunanya dalam membantu Anda mengidentifikasi tempat-tempat di mana navigasi dan penghubung halaman dapat ditingkatkan. Misalnya, perusahaan yang bergerak dengan satu halaman “layanan ekstra” yang mencakup koordinator, pengepakan, dan penyimpanan mungkin mendapati navigasi situs dan peringkat mesin pencari akan sangat meningkat jika setiap topik dibahas di halaman terpisah dan setiap halamannya terkait dengan yang lain.

  1. Optimalkan kecepatan beban

Kecepatan di mana muatan situs web Anda tidak hanya mempengaruhi peringkat mesin telusurnya, namun juga jumlah pengunjung situs yang masuk ke pelanggan. Menurut Google, pengguna rata-rata meninggalkan situs jika tidak dimuat di seluler dalam waktu tiga detik. Bahkan situs web terbaik dengan konten yang paling bagus ditulis dan dioptimalkan akan menjadi tidak efektif untuk menarik dan mengubah pengunjung jika situs tersebut lambat dimuat.

Google dan perusahaan lain menyediakan alat online gratis untuk membantu Anda menganalisis dan mengoptimalkan situs Anda. Alat Google PageSpeed memeriksa hal-hal seperti CSS, HTML, skrip dan gambar untuk melihat berapa lama situs web Anda dimuat di perangkat desktop dan seluler serta mengidentifikasi area spesifik di mana perbaikan diperlukan untuk mempercepat waktu memuat.

Google juga mencantumkan dan menjelaskan “Aturan Kecepatan” termasuk menghindari redirect arahan, mengaktifkan kompresi, memperbaiki waktu respons server, mengoptimalkan gambar, memprioritaskan konten yang terlihat, dan menggunakan skrip asinkron.

  1. Masukkan usaha untuk mendapatkan link

Kuantitas dan kualitas tautan masuk ke situs web Anda memiliki pengaruh signifikan pada peringkat mesin telusurnya. Dahulu, dalam upaya untuk meningkatkan inbound link ke situs mereka, banyak bisnis dan SEO membeli link di situs lain. Namun, sekarang dengan menggunakan taktik “topi hitam” sangat tidak disarankan karena ini melanggar Pedoman Webmaster Google dan dapat menyebabkan situs Anda dikenai sanksi.

Strategi jauh lebih baik untuk meningkatkan inbound link ke situs Anda adalah menulis konten asli dan otoritatif yang ingin dijalin oleh organisasi yang kredibel. Sebuah firma hukum yang mengkhususkan diri dalam undang-undang pelecehan dalam rumah tangga misalnya, menulis panduan untuk keluarga yang telah menjadi korban penganiayaan sehingga kelompok advokasi dan organisasi nirlaba yang bekerja untuk pencegahan penyalahgunaan yang lebih lama ingin dijalin.

Seorang profesional pemasaran dapat memberikan presentasi kepada mahasiswa bisnis di universitas setempat, memimpin diskusi di pertemuan organisasi bisnis regional atau mempublikasikan artikel secara online, dan menggunakan kesempatan tersebut untuk menghubungkan organisasi tersebut ke situs web perusahaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *