5 Manfaat Utama Dari Branded Top Level Domain (TLD)

Corporate-Domain-Management-Journey-Linkedin-Image-800x418

Pada awal 2012, dalam rangka mempromosikan persaingan dan inovasi, ICANN membuka pintunya untuk memungkinkan organisasi dalam mengajukan permohonan baru untuk Top Level Domain (TLD). Meskipun prosesnya cukup kompleks dan mahal, ICANN menerima jumlah permintaan yang besar, totalnya 1.930 dimana 675 diantaranya meminta TLD baru, sebuah dot brand. Dot brand merupakan kemampuan bagi sejumlah bisnis untuk menggunakan nama brand mereka sendiri untuk TLD dalam sistem penamaan domain dengan tujuan mereka sendiri. Hingga saat ini, sekitar sepuluh brand telah memilih menggunakan dot brand sebagai nama domain utama mereka, diantaranya:

  • Barclays dan Barclaycard (Mei 2015)
  • Bradesco (November 2015)
  • Pictet (Februari 2016)
  • Sandvik (Maret 2016)
  • Weir (April 2016)
  • Canon (Mei 2016)
  • Sener (Juni 2016)

Berikut adalah 5 manfaat utama dari dot brand atau branded Top Level Domain (TLD) yang bisa Anda pelajari. Manfaat ini berdasarkan apa yang dirasakan beberapa brand di atas setelah menggunakan branded TLD.

Inovasi

Sandvik merasa bangga untuk mengatakan bahwa mereka adalah “salah satu perusahaan pertama didunia yang telah melakukannya”. Weir juga mengatakan bahwa branded TLD baru adalah sebuah inovasi dan mereka adalah “salah satu organisasi pertama yang meluncurkannya”. Ia mengatakan bahwa mereka telah menggunakan “solusi inovatif di dunia digital”.

Keamanan

Barclays menyebutkan bahwa nama domain mereka akan “memberikan lapisan keamanan tambahan bagi pelanggan” dan bahwa program ini akhirnya berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan dan keyakinan pelanggan. Pictet juga mengatakan “Ini akan terlihat sebagai patokan untuk websecurity”. Begitu pula dengan Sandvik yang sangat spesifik menyebutkan “TLD baru akan berfungsi sebagai penjamin ekstra”.

Pihak Canon berbicara bahwa “keaslian dan keyakinan dari informasi yang dibawanya dapat diandalkan”. Sedangkan Sener mengatakan bahwa “TLD baru juga akan berfungsi sebagai jaminan keamanan bagi pengguna, yang mana browser akan menyimpan informasi dari setiap halaman dengan domain .sener yang merupakan bagian dari perusahaan Sener.

Pengalaman Pelanggan

Bradesco berharap bahwa pengalaman pelanggan dapat dibantu dengan praktis, intuitif, dan URL yang berkesan. Barclays mengatakan bahwa TLD baru mereka bertujuan “merampingkan pengalaman pelanggan”. Pictet menyebutkan “TLD baru ini mampu menyederhanakan pengalaman pengguna secara online”.

Canon mengatakan branded TLD baru mereka akan membantu proses “kesederhanaan”. Sener mengatakan bahwa TLD akan memberikan “organisasi yang lebih baik” dari konten mereka dan mereka akan menyediakan konten yang lebih berarti dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Weir juga mengatakan bahwa mereka ingin terus menumbuhkan dan mengembangkan situs dengan branded TLD untuk membuatnya lebih baik bagi pelanggan.

Branding

Pictet menyebutkan manfaat branding dengan menggunakan branded TLD. Weir juga mengatakan bahwa “kami dapat memperkuat brand dan memberikan lebih banyak fleksibilitas melalui branded TLD”.

Efisiensi Pemasaran

Bradesco berharap TLD mereka akan membantu mengurangi ketergantungan pada mesin pencari. Mereka menyebutkan bahwa “pengalaman mengakses bagi pengguna akan meningkat ketika mereka menggunakan alamat yang pendek dan langsung mengarah ke halaman yang mereka inginkan tanpa harus melalui mesin pencari”.

Sener mengatakan “Branded TLD memungkinkan hasil pencarian yang lebih akurat”. Mereka juga berpikir bahwa branded TLD “memungkinkan Sener untuk tetap di garis depan dalam hal kegunaan, browsing yang aman, dan memungkinkan menentukan konten yang relevan dan dapat diandalkan”.

Kesimpulan

Para penggerak awal mampu mengaktifkan branded TLD mereka untuk menghasilkan manfaat yang jelas seperti keamanan, pengalaman pelanggan, branding, inovasi, dan efisiensi pemasaran. Tidak menutup kemungkinan jika kedepannya akan banyak branded TLD yang semakin berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *