5 Alasan Mengapa Anda Harus Menulis Bisnis Plan

bisnis plan

Bisnis plan adalah sebuah blueprint untuk bisnis. Anda tidak akan berjalan ke tanah kosong dan mulai memaku papan jika ingin membangun sebuah rumah. Memulai bisnis tanpa bisnis plan adalah sia-sia.

Namun, tidak seperti rumah, bisnis tidak statis. Kita sering membuat kesalahan dengan berpikir bahwa bisnis plan sebagai satu, dokumen statis yang hanya ditempatkan ketika pertama kali kemudian diabaikan.

Pada kenyataannya, bisnis plan untuk bisnis apapun akan berubah dari waktu ke waktu sebagai bisnis yang berkembang, dan setiap bisnis tertentu mungkin memiliki beberapa bisnis plan untuk tujuan yang berubah.

Berikut adalah 5 alasan bagus mengapa Anda harus memiliki bisnis plan.

1. Menguji kelayakan ide bisnis Anda

Menulis bisnis plan adalah cara terbaik untuk menguji apakah ide bisnis Anda layak atau tidak untuk memulai bisnis. Dalam hal ini bisnis plan adalah jaring pengaman Anda; menulis bisnis plan dapat menghemat banyak waktu dan uang Anda jika bekerja melalui bisnis plan mengungkapkan bahwa ide bisnis Anda tidak bisa dipertahankan.

Seingkali, ide untuk memulai bisnis diabaikan pada analisis pemasaran atau tahap analisis kompetitif, memberikan keleluasaan untuk beralih ke ide baru (dan lebih baik).

2. Memberikan bisnis baru Anda kesempatan terbaik untuk sukses

Menulis bisnis plan akan memastikan Anda untuk memperhatikan kedua tujuan operasional dan keuangan yang luas dari bisnis baru Anda dan rincian, seperti penganggaran dan perencanaan pasar.

Meluangkan waktu untuk menulis bisnis plan akan membuat bisnis terhindar dari masalah yang tidak terduga dan bisnis Anda menjadi lebih mapan.

3. Mengamankan pendanaan, seperti pinjaman bank

Anda akan membutuhkan keduanya operasional dan modal startup untuk memulai bisnis baru dan Anda tidak akan memiliki harapan untuk mendapatkan uang dari lembaga keuangan besar seperti bank tanpa bisnis plan yang dikembangkan dengan baik.

Dan mendirikan bisnis juga memerlukan uang, untuk melakukan berbagai macam hal seperti membeli peralatan baru atau properti, atau penurunan pasar. Memiliki bisnis plan memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan untuk menjaga operasional atau untuk memperluas bisnis Anda.

4. Membuat perencanaan bisnis yang managable dan efekstif

Sebuah bisnis plan adalah penting jika Anda berpikir untuk memulai bisnis, tetapi juga merupakan alat penting untuk bisnis yang telah berdiri. Bisnis yang bersemangat adalah dinamis; mereka berubah dan terus tumbuh. Bisnis plan asli perusahaan perlu direvisi sebagai tujuan baru yang ditetapkan.

Meninjau bisnis plan juga dapat membantu Anda melihat apa saja tujuan yang telah dicapai, apa yang perlu dibuat, atau arah baru apa yang harus diambil untuk pertumbuhan perusahaan.

5. Menarik investor

Jika Anda ingin mendapatkan pendanaan dari venture capital, atau menarik investor, Anda harus memiliki binsis plan yang kuat. Sebuah presentasi dapat enarik mereka, tetapi mereka membutuhkan sebuah dokumen tertulis untuk dipelajari sebelum mereka siap untuk membuat komitmen investasi.

Bersiaplah bisnis plan Anda untuk diteliti; baik venture capital atau investor akan melakukan pemeriksaan latar belakang yang luas dan analisis kompetitif untuk memastikan bahwa apa yang tertulis dalam bisnis plan Anda benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *